Thursday, July 7, 2011

Giveaway of the Month : From Ho Chi Minh, Vietnam - Out of Stock, Closed

Giveaway kali ini adalah souvenir dari Ho Chi Minh, yang akan saya bagikan untuk pembelian lebih dari Rp 250.000,- (selama persediaan masih ada). Buatan tangan berupa gantungan kunci Giraffe dari mute2 kecil yang dirajut dengan rapih. Yang membuat gantungan kunci ini spesial buat saya, adalah remaja2 Second Generation di War Remnants Museum yang membuatnya. Kalo ada waktu boleh baca kilasan saya di bawah ini.



War Remnants Museum ada di daerah pusat kota Ho Chi Minh. Ketika tahu hendak ke museum, tadinya saya agak kurang bersemangat. Tapi saya berubah pikiran setelah tour guide menjelaskan bahwa museum ini adalah tempat untuk mengenang perang Vietnam dan dampaknya bagi bangsa Vietnam di generasi sekarang. Ternyata di setiap tingkat gedung ini banyak sekali foto2 liputan selama perang, lengkap dengan keterangan latar belakang ceritanya. Beberapa teman saya menolak untuk masuk karena merasa kurang nyaman. Tapi saya tetap masuk karena merasa harus tahu, agar suatu saat bisa saya teruskan ceritanya ke anak2 saya.

Banyak sekali foto yang menyentuh hati saya, akan saya sharing beberapa di antaranya:

1. Phan Thi Kim Phuc

Anak perempuan di tengah2 itu bernama Phan Thi Kim Phuc. Terkenal di dunia karena merupakan objek dari foto pemenang Pulitzer Prize. Foto ini diambil tahun 1972. Kalo ingin baca kisahnya bisa klik di sini: http://kikoshouse.blogspot.com/2007/11/v​eterans-day-girl-in-photograph.html

2. Brothers
Ini foto yang paling membuat saya terenyuh, di mana sang kakak berusaha melindungi adiknya dari tembakan tentara. Berikut ini catatan sang photographer di bawahnya :
"This man and two little boys popped up from nowhere"
"The GI's I was with opened up, then moved in close to finish them"
"When these two boys were shot at, the older one fell on the little one, as if to protect him. Then the guys finished them off"

3. Agent Orange.
Sampai di lantai berikutnya, terbukalah mata saya akan sesuatu yang belum saya ketahui sebelumnya. Agent orange adalah bahan kimia beracun untuk menumpas tumbuhan liar yang digunakan tentara Amerika untuk menghancurkan pepohonan dan tumbuhan liar. Tujuannya agar tidak ada tempat untuk tentara Vietnam sembunyi. Tapi efeknya ternyata bukan saja dirasakan juga oleh para tentara Vietnam, tapi juga oleh tentara Amerika yang bertugas di sana, dan para penduduk. Yang mengenaskan sampai hari ini, para keturunan mereka masih mengalami efek samping yang mengerikan. Lahir dalam keadaan cacat dan tidak sehat. Mereka menamakan dirinya The Second Generation.


Di lantai bawah dekat pintu keluar, ada remaja2 berkaus orange dari Second Generation sedang membuat berbagai kerajinan tangan untuk dijual kepada turis2. Sampai sekarang bukan hanya keterbatasan fisik yang mereka hadapi, tapi juga susahnya mencari lahan pekerjaan dan ketakutan tidak adanya uang dan orang yang merawat ketika mereka sakit. Semoga tidak ada lagi generasi ketiga, keempat dan seterusnya. Semoga tidak ada lagi perang di dunia ini.

4 comments:

  1. Wow... Cerita yg menarik! Pergi ke museum kadang memang mengasyikkan.. Selaku dpt cerita dan sejarah baru. smg yg dpt giveawaynya menghargai barangnya ya...

    ReplyDelete
  2. Bener Lila, semoga yang kebagian, bisa menghargai, walaupun barangnya kecil begitu, tapi ada arti di baliknya :)
    Thanks Lila ^^

    ReplyDelete
  3. Ternyata ada cerita yg benar2 menyentuh dibalik souvenir cantik darimu sis..... Tks yaa....
    Smoga para 2nd generation mendapatkan kebahagiaan dan kedamaian.....
    Hontōni arigatōgozaimasu !!

    ReplyDelete